Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan peserta didik yang kesulitan dalam mengikuti Langkah-langkah mengambar proporsi tubuh wanita menggunakan jobsheet dan modul, keterbatasan sumber belajar, dan belum tersedianya bahan ajar berupa video pembelajaran yang valid dan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan praktikalitas media video tutorial mengambar proporsi tubuh wanita pada mata Pelajaran dasar-dasar busana fashion di SMK Negeri 2 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Bukittinggi pada bulan September 2023. Subjek penelitian terdiri dari subjek validasi produk dan subjek uji praktikalitas. Penelitian menggunakan model model 4D (Define, Design, Development dan Dissemination). Prosedur pengembangan media menggunakan prosedur 4D. Jenis data adalah data primer yang bersumber dari dosen, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan angket. Instrument penelitian angket dengan skala likert. Hasil penelitian yaitu media video pembelajaran yang telah dikembangkan dengan model pengembangan 4-D, hasil validasi desain media sebesar 0,76 kategori valid dan untuk validasi materi 0,77 kategori valid. Hasil praktikalitas siswa sebesar 87,03 % kategori sangat praktis dan nilai praktikalitas guru sebesar 97,78% kategori sangat praktis. Dari perolehan hasil tersebut, maka media video Pembelajaran dapat dikatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar dikelas. Adapun saran yang peneliti berikan yaitu kepada guru untuk dapat menggunakan media video tutorial menggambar proporsi tubuh wanita pada mata Pelajaran dasar-dasar busana fashion ini sebagai referensi media dalam pembelajaran dikelas.
Copyrights © 2023