Pesona.
Vol 4, No 1 (2024): April 2024

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLAMBATAN PENYELESAIAN STUDI MAHASISWA PRODI PKK FPP UNP

Salsabila, Salsabila (Unknown)
Ernawati, Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa Prodi PKK FPP UNP yang mengalami keterlambatan penyelesaian studi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mendeskripsikan pengaruh motivasi terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP. 2) untuk mendeskripsikan pengaruh kesulitan menemukan masalah penelitian terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UN. Penelitian bersifat deskriptif kuantitatif, dengan jumlah sampel 96 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner dan disebarkan melalui Google Form. Pengujian instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reabilitas instrumen. Teknik analisis data yaitu uji analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dan analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi dan kesulitan menemukan masalah penelitian terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP. Hal ini dapat dilihat bahwa motivasi berpengaruh signifikan terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP sebesar 56,2% dengan kategori sedang, dengan makna semakin tinggi pengaruh motivasi maka keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP juga akan meningkat, begitu juga sebaliknya. Kesulitan menemukan masalah penelitian berpengaruh signifikan terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP sebesar 80,82% dengan kategori tinggi, dengan makna semakin tinggi pengaruh kesulitan menemukan masalah penelitian maka keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP juga akan meningkat, begitu juga sebaliknya. Secara keseluruhan setiap variabel memberikan pengaruh terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pesona

Publisher

Subject

Arts Education

Description

PESONA: Jurnal Pendidikan Tata Busana adalah jurnal open-access dengan proses double-blind peer review. Double Blind Peer Review adalah metode penelaahan teman sejawat terhadap sebuah karya ilmiah yang akan dipublikasikan dalam terbitan berkala ilmiah, yang mana identitas reviewer dan penulis ...