Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menjelaskan persamaan linear dua variabel melalui model pembelajaran Inquiri Learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri L Sidoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dari pratindakan sampai dengan Siklus II. Pengumpulan data dengan teknik tes. Pada hasil pratindakan diketahui hasil rata-rata nilai adalah 54,3 dengan ketuntasan klasikal 25%. Pada kegiatan siklus I diketahui rata-rata nilai adalah 62,7 Dengan ketuntasan klasikal 40%. Pada siklus 2 diketahui rata-rata nilai adalah 82,5 dengan ketuntasan klasikal 90%. Berdasarkan hasil rata-rata dikatahui peningkatan dari pratindakan ke siklus I adalah 84 sedangkan peningkatan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus I adalah 15%. Pada Siklus I ke siklus II diketahui peningkatan rata-rata nilai adalah 19,8 sedangkan ketuntasan mengalami peningkatan 50%. Selanjutnya peningkatan rata-rata nilai pratindakan ke siklus 2 adalah 28,2 Dengan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus 2 adalah 65%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model inquiry learning dapat meningkatkan kemampuan menjelaskan persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri L Sidoharjo
Copyrights © 2023