Linggau Journal Science Education (LJSE)
Vol. 3 No. 1 (2023): Linggau Journal Science Education

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJELASKAN PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI L SIDOHARJO

Eryani, Rita (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menjelaskan persamaan linear dua variabel melalui model pembelajaran Inquiri Learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri L Sidoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dari pratindakan sampai dengan Siklus II. Pengumpulan data dengan teknik tes. Pada hasil pratindakan diketahui hasil rata-rata nilai adalah 54,3 dengan ketuntasan klasikal 25%. Pada kegiatan siklus I diketahui rata-rata nilai adalah 62,7 Dengan ketuntasan klasikal 40%. Pada siklus 2 diketahui rata-rata nilai adalah 82,5 dengan ketuntasan klasikal 90%. Berdasarkan hasil rata-rata dikatahui peningkatan dari pratindakan ke siklus I adalah 84 sedangkan peningkatan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus I adalah 15%. Pada Siklus I ke siklus II diketahui peningkatan rata-rata nilai adalah 19,8 sedangkan ketuntasan mengalami peningkatan 50%. Selanjutnya peningkatan rata-rata nilai pratindakan ke siklus 2 adalah 28,2 Dengan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus 2 adalah 65%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model inquiry learning dapat meningkatkan kemampuan menjelaskan persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri L Sidoharjo

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ljse

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Linggau Journal Science Education (LJSE) is an open education online journal that can be visited by friends from various institutions. Linggau Journal Science Education (LJSE) is an intermediary for publishing the results of scientific research in a wider environment. The development of the research ...