Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi Limit Fungsi Trigonometri melalui model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas XII SMA Negeri 3 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dari Siklus I sampai dengan Siklus III. Pengumpulan data dengan teknik tes. Pada hasil Siklus I diketahui hasil rata-rata nilai adalah 53 dengan ketuntasan klasikal 42%. Pada kegiatan siklus II diketahui rata-rata nilai adalah 62 dengan ketuntasan klasikal 68%. Pada siklus III diketahui rata-rata nilai adalah 75 dengan ketuntasan klasikal 94%. Berdasarkan hasil rata-rata dikatahui peningkatan dari Siklus I ke siklus II adalah 9 sedangkan peningkatan ketuntasan klasikal dari Siklus I ke siklus II adalah 26%. Pada Siklus II ke siklus III diketahui peningkatan rata-rata nilai adalah 13 sedangkan ketuntasan mengalami peningkatan 26%. Selanjutnya peningkatan rata-rata nilai Siklus I ke siklus III adalah 22 dengan ketuntasan klasikal dari Siklus I ke siklus III adalah 52%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Discovery Learning hasil belajar matematika materi Limit Fungsi Trigonometri pada siswa kelas XII SMA Negeri 3 Lubuklinggau dapat meningkat
Copyrights © 2023