Penelitian ini membahas mengenai Peningkatan Pendidikan Inklusif dan Berkeadilan di Indonesia sebagai hasil kerjasama hubungan internasional dengan UNESCO. Rumusan masalah yang diangkat dalam artikel ini yaitu 1) Bagaimana sejarah hubungan Indonesia dengan UNESCO dari waktu ke waktu?. 2) Bagaimana mekanisme kerjasama antara UNESCO dan Indonesia dalam pengembangan kurikulum pendidikan?. 3) Apa saja program atau proyek konkret yang telah dilakukan dalam kerjasama ini dan bagaimana dampaknya terhadap pendidikan di Indonesia?. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka atau Library research. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan sistem pendidikan yang merata dan inklusif di Indonesia sebagai hasil dari adanya hubungan internasional dengan UNESCO. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam mencapai tujuan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, dilakukan melalui penerapan Program Guru Mandiri yang terfokus pada pengembangan kurikulum, keterampilan guru, dan srtategi pendekatan pembelajaran.
Copyrights © 2024