Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penurunan angka miskonsepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU setelah diberikan penjelasan tentang materi teori akuntansi dengan menggunakan alat bantu media pembelajaran  refutation teks dan explanation teks. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen jenis quasi eksperimen dengan desain one shot case study dengan instrumen berbentuk pre test dan post test. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes berbentuk essay dengan menggunakan bentuk tiga tingkat yang berjumlah 10 butir dengan ranah kognitif soal berada pada kategori HOTS level C4. Sampel penelitian ini berjumlah 20 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi semester II.Teknik pengolahan data yang dilakukan dengan cara menganalisis hasil jawaban mahasiswa pada tiap butir tes. Dari hasil penelitian dan pengolahan data yang dilakukan, diperoleh hasil rata-rata jumlah mahasiswa yang mengalami miskonsepsi atas soal-soal teori akuntansi yang diberikan mengalami penurunan sebesar 70%. Hasil ini tergolong tinggi jika dibandingkan dengan rentang skor antara 70 ≤∆M yang ditetapkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023