Proses pembelajaran dengan memanfaaatkan media digital dan alat teknologi lain merupakan kunci dari pendidikan yang mengintegrasikan teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi informasi pada proses pembelajaran mata kuliah pengauditan, yaitu dengan menggunakan aplikasi Sistem Pembelajaran Audit, diharapkan dapat menjadi alat bantu yang efektif dalam pembelajaran mengenai proses audit. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan aplikasi pembelajaran audit terhadap motivasi belajar mahasiswa akuntansi pada mata kuliah pengauditan. Motivasi pembelajaran diukur dengan 4 aspek, yaitu Perhatian (Attention), Relevansi (Relevance), Keyakinan (Confidence), dan Kepuasan (Satisfaction). 52 mahasiswa diteliti dan mendapatkan hasil bahwa terdapat peningkatan signifikan pada aspek Perhatian, Relevansi, dan Keyakinan. Namun pada aspek Kepuasan terjadi penurunan yang tidak signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, proses pembelajaran saat ini disarankan untuk memanfaatkan pembelajaran secara digital sehingga dapat mengembangkan strategi pengajaran yang praktis dan meningkatkan motivasi mahasiswa dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024