Penelitian ini didorong adanya perubahan skema soal Sertifikasi Teknisi Akuntansi Yunior yang dikeluarkan BNSP. Secara khusus, penelitian Research and Development ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan bahan ajar berupa modul terbaru menggunakan model Borg dan Gall (1983) dengan 7 tahapan yang telah dimodifikasi beserta video pembelajaran sebagai penunjang. Studi ini menggunakan data penelitian yang melibatkan 38 mahasiswa sebagai partisipan, yaitu kelas Akuntansi Manajerial yang dikumpulkan berdasarkan metode purposive sampling. Penelitian ini melakukan uji validitas menggunakan instrument evaluasi modul dan metode eksperimen kuasi dengan membandingkan dua grup untuk melihat tingkat pemahaman partisipan setelah tersedianya bahan ajar. Data dianalisis menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengerjakan modul terbaru yang disediakan memiliki tingkat pemahaman yang lebih baik daripada mahasiswa yang menyusun modul secara mandiri. Penelitian ini memberikan implikasi praktis untuk Pembelajaran Akuntansi Perdagangan Terapan dengan mengembangkan keefektifan metode pembelajaran, memperbarui referensi modul, dan memberikan pemahaman mahasiswa tentang pembelajaran Akuntansi Dagang Terapan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023