Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, faktor dan penyebab dan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian meliputi langkah-langkah penerapan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint yaitu guru membuat media terlebih dahulu, kemudian siswa memperhatikan guru dalam menyampaikan materi, guru melihat apakah dalam penerapannya sudah sesuai dengan keinginan, guru melakukan evaluasi media apakah sudah sesuai dengan keinginan guru. Faktor pendukung dari dalam (internal) yaitu Minat belajar. Faktor pendukung dari luar (eksternal) yaitu Guru, keluarga dan teman. Faktor penghambat dari dalam (internal) yaitu kelelahan. Faktor penghambat dari luar (eksternal) yaitu kurangnya sumber belajar atau referensi, dan waktu. Dapat diketahui penerapan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint yang dipakai oleh guru mata pelajaran IPS adalah dengan guru memberikan materi pembelajaran yang semestinya. Dengan adanya media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint menjadikan siswa memiliki motivasi belajar, lebih aktif sehingga dengan motivasi belajar yang baik bisa menjadikan hasil belajar yang lebih baik.
Copyrights © 2024