Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 7 No. 2 (2024): Juli

Pelatihan Meningkatkan Teknik Dasar Long Serve dalam Permainan Bulu Tangkis Melalui Metode Blocked Partice Pada Siswa Putra Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah: Indonesia

Billy, Lukas D. (Unknown)
Boimau, Sanhedri (Unknown)
Lopo, Ferdinan L. (Unknown)
Taebenu, Yulinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Olahraga membutuhkan perubahan kecepatan reaksi, daya tahan dan kekuatan otot serta kerja jantung yang tinggi. Permainan bulu tangkis sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bahkan ikut mewarnai gaya hidup masyarakat pada saat ini, permainan ini tidak hanya memperoleh prestasi atau salah satu piihan untukmenjadi atlet yang tinngi, dan juga sebagian hiburan yang menarik bagi setiap orang khususnya yang mengemari permainan bulu tangkis. Jenis penelitian ini adalah peneitian kuantitatif karena data peneitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistic. Metode Penelitian tindakan kelas tujuan utama dari peenlitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil pembelajaran teknik permainan bulu tangkis. Hasil penelitian dari analisis data diatas disimpulkan bahwa hasil penggunaan metode blocked partice dapat menigkatkan teknik dasar long serve dengan menghitung frekuensi desciptor dari masing-masing indikator. Kemudian depersentasikan dengan mencapai nilai rata- rata tes awal dengan nilai 3.857 dan hasil tes akhir 5.143 dengan perbedaan setiap siswa dengan nilai jumlah rata-rata secara keseluruhan dengan peroleh D : 2.571, maka dengan metode blocked partice bisa meningkatkan teknik dasar long serve dengan rata – rata nilai D2 : 5.857

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ciencias

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan ini mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang mencakup penelitian eksperimen, penelitian tindakan, penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian pengembangan (model, media, dan evaluasi pembelajaran) yang bertujuan untuk ...