Kegiatan belajar mengajar dapat dikatakan efektif jika selama kegiatan tercipta suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, kondusif serta komunikatif. Mata pelajaran Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang sangat dibutuhkan di masa depan. Maka perlu bagi pendidik untuk menentukan strategi yang sesuai terutama untuk meningkatkan pengetahuan konseptual peserta didik. Salah satu solusinya adalah menggunakan strategi role playing. Penelitian ini dilakukan di kelas IV MI Baitussalam Gresik yang berjumlah 24 peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah pretest, posttest, dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Dari analisis ini didapatkan bahwa pretes diperoleh skor rata-rata 68.75 sedangkan pada postes diperoleh skor rata-rata 80,41. Dapat terlihat adanya perubahan yang meningkat dari nilai pretes dan postes setelah penggunaan strategi role playing. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi Role playing dapat meningkatkan pengetahuan konseptual peserta didik.
Copyrights © 2023