Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2024): Januari-Juni 2024

ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VI DALAM MEMECAHKAN PERTANYAAN MATEMATIKA

Riswari, Lovika Ardana (Unknown)
Ramdani, Shofiyana (Unknown)
Laili, Meliyasa Khorina (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis peserta didik terutama pada siswa sekolah dasar dalam memecahkan suatu pertanyaan matematika, dengan mengkaji beberapa hal mengenai kemampuan penalaran matematis dari rendahnya kemampuan penalaran matematis, faktor, serta peningkatan penalaran matematis. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data kualitatif tersebut didapatkan dari wawancara, uji tes kemampuan, observasi, dan dokumentasi. Dari data yang didapatkan diolah untuk dianalisis agar dapat menjawab fokus penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) secara garis besar kemampuan penalaran matematis siswa kelas VI di SD Negeri Raci 01 tergolong tinggi, karena hampir semua siswa dapat mengerjakan dan menyelesaikan uji tes dengan benar, (2) indikator tertinggi adalah 93% dengan indikator manipulasi matematika dan terendah 67% dengan indikator menyusun bukti terhadap kebenaran solusi, (3) terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa, (4) upaya yang dapat diaplikasikan untuk peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alpen

Publisher

Subject

Other

Description

Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of ...