Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis peserta didik terutama pada siswa sekolah dasar dalam memecahkan suatu pertanyaan matematika, dengan mengkaji beberapa hal mengenai kemampuan penalaran matematis dari rendahnya kemampuan penalaran matematis, faktor, serta peningkatan penalaran matematis. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data kualitatif tersebut didapatkan dari wawancara, uji tes kemampuan, observasi, dan dokumentasi. Dari data yang didapatkan diolah untuk dianalisis agar dapat menjawab fokus penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) secara garis besar kemampuan penalaran matematis siswa kelas VI di SD Negeri Raci 01 tergolong tinggi, karena hampir semua siswa dapat mengerjakan dan menyelesaikan uji tes dengan benar, (2) indikator tertinggi adalah 93% dengan indikator manipulasi matematika dan terendah 67% dengan indikator menyusun bukti terhadap kebenaran solusi, (3) terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa, (4) upaya yang dapat diaplikasikan untuk peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa.
Copyrights © 2024