Penelitian ini dilatar belakangi siswa kelas III masih kurang memahami materi kewajiban dan hak anak di rumah yang disebabkan minimnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan media pembelajaran, untuk membuktikan kelayakan media pembelajaran ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reseacrh and Developmen (R&D) dengan model ADDIE yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), dan Evaluate (Evaluasi). Instrumen yang digunakan ada dua yaitu menggunakan angket dan post test. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif (popin) materi kewajiban dan hak anak di rumah untuk siswa kelas III SSDN Jegreg Kabupaten Nganjuk adalah sebagai berikut: (1) Hasil validitas popin diperoleh presentase rata-rata 91,66% sangat valid. (2) Hasil angket respon guru dan siswa diperoleh presentase rata-rata 93,84% kategori praktis. (3) Hasil belajar siswa melalui post test dengan menggunakan media pembelajaran popin diperoleh presentase 92,30% kategori efektif dan pada klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media popin valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023