Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2024): Januari-Juni 2024

MEDIA POP-UP BOOK TIPE SHARED UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Anshori, Moh. Toriqatul (Unknown)
Meita, Nisfil Maghfiroh (Unknown)
Sari, Tita Tanjung (Unknown)
Nisa, Khoirun (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2024

Abstract

Kurikulum 2013 mengemas pembelajaran dalam bentuk tematik, namun masih banyak media pembelajaran non-tematik di sekolah dasar. Tujuan penelitian adalah mengembangkan med ia pop- up book tipe shared untuk kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan 7 dari 10 tahapan model pengembangan Borg and Gall. Ukuran Pop-Up Book A5, 2 Dimensi dengan kertas foto paper 260 gsm, terdiri dari 6 pembelajaran pada Tema 8 subtema 1 “Lingkungan Tempat Tinggalku”, tematik Tipe Shared (dua mata pelajaran) pada setiap pembelajaran. Media Pop-Up Book Tema 8 Subtema. Instrumen yang digunakan yaitu: 1) Validasi media dan materi; serta 2) Angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis sesuai dengan persentase kriteria kelayakan media, materi, dan respon siswa. Hasil persentase validasi media sebesar 100% dan validasi materi sebesar 95% dengan kategori sesuai dan tidak revisi. Tahap uji coba terbatas dengan 6 siswa kelas IV sekolah dasar dengan persentase respon siswa sebesar 97,5% (sangat baik).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alpen

Publisher

Subject

Other

Description

Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of ...