Pendidikan karakter merupakan pendidikan paling lemah saat ini. Dalam menerapakan karakter kepada anak harus dilakukan sejak dini secara sinergis antara sekolah, keluarga dan masyarakat. agar pendidikan karakter dapat tercapai secara maksimal. Sebagai institusi yang penting pihak pendidik di sekolah , pendidikan karakter harus diberikan kepada peserta agar menjadi individu bermoral dan bermartabat. Tujuan dari penelitian ini antara lain (1) membentuk karakter siswa melalui permainan media ular tangga (2) dapat memberikan contoh nilai-nilai karakter dan diharapkan peserta didik dapat mengimplementasikan di lingkungan sekolah maupun masyarakat yang di tuangkan dalam buku diary. Dengan kebiasaan dan kesadaran tersebut siswa akan mudah terbentuk karakternya yang akan menjadi kebiasaan yang positif. Subjek pada penelitian ini adalah adalah siswa kelas 4 SDN Bugangan 03. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data observasi dan studi dokumen. Jenis metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan naratif. Hasil peneltian ini menunjukan bahwa media ular tangga tergolong efektif membentuk karakter peserta didik.
Copyrights © 2024