Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2024): Juli-Desember 2024

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA

Andriani, Riska (Unknown)
Zuhri, M. Saifuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

Abstrak: Implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan alat peraga ular tangga untuk mengkaji peningkatan prestasi peserta didik kelas 2 SDI Al Madina Semarang pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Menaati Aturan di Sekitar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, dan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan satu kelas 2A dengan jumlah 28 peserta didik. Data dikumpulkan berdasarkan hasil dari pengamatan dan evaluasi. Temuan dari pengkajian ini menunjukkan implementasi dari penerapan pembelajaran berbasis Problem Based Learning dengan memanfaatkan alat peraga berbentuk ular tangga menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh presentase hasil nilai aspek pengetahuan peserta didik sebesar 77% dengan kriteria baik, kemudian siklus 2 semakin bertambah perolehan nilainya menjadi 93% dengan kriteria sangat baik. Selain itu pada keterampilan fisik siklus 1 menghasilkan nilai dengan jumlah 83% dengan kriteria baik, dan di siklus 2 terdapat peningkatan perolehan nilai dengan jumlah 97% dan masuk pada kriteria sangat baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alpen

Publisher

Subject

Other

Description

Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of ...