ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Sumber Daya dan Prestasi Belajar Ekonomi Sumber Daya pada Mahasiswa Universitas Patompo. Penelitian dilakukan selama dua siklus dengan pendekatan kolaboratif dan partisipatif. Metode pengumpulan data melibatkan observasi partisipan, penyebaran angket, dan pemberian tes. Analisis data menggunakan pendekatan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase untuk menggambarkan data kuantitatif yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terbukti efektif dalam meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Sumber Daya pada Mahasiswa Universitas Patompo. Temuan ini diperkuat oleh data penelitian yang mencatat peningkatan persentase skor Motivasi Belajar Ekonomi Sumber Daya melalui observasi. Pada siklus I, skor observasi mencapai 78,46%, yang kemudian meningkat menjadi 83,93% pada siklus II, mengalami peningkatan sebesar 5,47%. Selain itu, hasil dari angket yang disebar kepada mahasiswa juga menunjukkan peningkatan skor Motivasi Belajar Ekonomi Sumber Daya sebesar 3,12%, dari 78,31% pada siklus I menjadi 81,43% pada siklus II. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024