Pinisi Business Administration Review
Volume 6 Nomor 2 September, 2024

Application of Cooperative Learning Model Type Numbered Heads Together (NHT) to Improve Students Motivation To Learn Economics Resources Economic Education Patompo University

Hajar Aswad, Sitti (Unknown)
Latif, Angraeni (Unknown)
Ismawati, Ismawati (Unknown)
Elpisah, Elpisah (Unknown)
Nurfalaq S, Muqtakdir (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Sumber Daya dan Prestasi Belajar Ekonomi Sumber Daya pada Mahasiswa Universitas Patompo. Penelitian dilakukan selama dua siklus dengan pendekatan kolaboratif dan partisipatif. Metode pengumpulan data melibatkan observasi partisipan, penyebaran angket, dan pemberian tes. Analisis data menggunakan pendekatan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase untuk menggambarkan data kuantitatif yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terbukti efektif dalam meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Sumber Daya pada Mahasiswa Universitas Patompo. Temuan ini diperkuat oleh data penelitian yang mencatat peningkatan persentase skor Motivasi Belajar Ekonomi Sumber Daya melalui observasi. Pada siklus I, skor observasi mencapai 78,46%, yang kemudian meningkat menjadi 83,93% pada siklus II, mengalami peningkatan sebesar 5,47%. Selain itu, hasil dari angket yang disebar kepada mahasiswa juga menunjukkan peningkatan skor Motivasi Belajar Ekonomi Sumber Daya sebesar 3,12%, dari 78,31% pada siklus I menjadi 81,43% pada siklus II. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PBAR

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Pinisi Business Administration Review published with the process of peer review and open access with ISSN (Print): 2086-6364. published twice a year in March and September in the field of business administration. Pinisi Business Administration Review is a publication media to channel scientific work ...