SemanTIK : Teknik Informasi
Vol 10, No 1 (2024):

Augmented Reality with Gamification to Enhance Learning in Coastal Areas

Zainuddin, Noorhasanah (Unknown)
Rembah, Rina (Unknown)
Bantun, Suharsono (Unknown)
Sari, Jayanti Yusmah (Unknown)
Sehan, Sahara (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Wilayah pesisir memiliki peran penting dalam keragaman alam dan mata pencaharian, namun teknologi pembelajaran di daerah ini masih kurang berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality (AR) dengan elemen gamifikasi guna meningkatkan pemahaman tentang sistem gerak manusia di daerah pesisir. Pengembangan aplikasi mengikuti metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), meliputi analisis kebutuhan, perencanaan, perancangan, akuisisi data, perakitan, dan pengujian. Validasi oleh ahli media menunjukkan aplikasi ini sangat sesuai dengan skor rata-rata 4,24%, menunjukkan daya tarik visual dan desain yang baik. Validasi oleh ahli materi menghasilkan skor rata-rata 4,84%, menunjukkan kesesuaian tinggi dengan pedoman pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Uji coba dengan 20 siswa menunjukkan keterlibatan tinggi dengan persentase 95%. Pengujian jarak marker menunjukkan aplikasi ini efektif dalam mendeteksi marker pada rentang 25 cm hingga 500 cm, dengan visibilitas optimal pada 25 cm hingga 200 cm. Hasil penelitian ini menunjukkan keberhasilan aplikasi AR dalam meningkatkan daya tarik dan kualitas pembelajaran sistem gerak manusia di wilayah pesisir, menciptakan pengalaman belajar yang interaktif. Disarankan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menguji aplikasi ini di berbagai sekolah pesisir guna mengukur dampaknya dan menambah fitur untuk meningkatkan efektivitas aplikasi. Kata kunci; Augmented Reality, Daerah Pesisir, Gamifikasi, Sistem Gerak Manusia

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

semantik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

Jurnal "semanTIK" merupakan salah satu media publikasi hasil-hasil penelitian dalam bidang teknologi informasi. Kajian penelitian dalam jurnal yaitu Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, Sistem Cerdas, Sistem Informasi dan Robotika. Sasaran dalam penerbitan jurnal ini adalah Dosen, Mahasiswa ...