JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Active Learning Tipe Team Quiz di Kelas IV SD Negeri 15 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat

Nofrianti, Ulva (Unknown)
Rahmatina, Rahmatina (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dikarenakan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran dan guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Active Learning Tipe Team Quiz. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Sekolah Dasar yang berjumlah 16 siswa. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 83,32% (Baik) dan meningkat pada siklus II 91,66% (Sangat Baik). b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 84,08% (Baik) dan meningkat pada siklus II 90,90% (Sangat Baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek siswa pada siklus I dengan Rata-rata 80,68% dan meningkat pada siklus II 90,90%. c) Penilaian terhadap siswa dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 79,05 dan siklus II dengan rata-rata 91,09. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Active Learning Tipe Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...