Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas proses keterampilan menulis deskripsi melalui pendekatan pedagogi genre dan meningkatkan hasil keterampilan menulis deskripsi yang efektif melalui pendekatan pedagogi genre. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, subjek penelitian mahasiswa tahun ajaran 2020/2021, dalam mata kuliah “Bahasa Indonesia.” Instrumen penelitian lembaran observasi dan hasil tes. Data penelitian data tes dan data pengamatan. Teknik analisis data menggunakan nilai rata. Hasil penelitian pertama yakni, aktivitas perkuliahan mahasiswa lebih aktif dan hasil perkuliahan mahasiswa meningkat dari pratindakan nilai 64.153 setelah siklus kedua nilai menjadi 83,82. Saran penelitian (1) diharapkan tumbuh kemandirian mahasiswa menyediakan jurnal untuk menulis secara kontinu berkenaan dengan berbagai topik dan berbagai jenis teks, (2) perlu pertanyaan-pertanyaan strategis untuk menemukan priorotas dalam memilih dan mengorganisasikankan ide, (3) sebaiknya setelah dikoreksi perlu didokumenkan sebagai umpan balik untuk mengetahui progres keterampilan menulis, (4) mahasiswa perlu membiasakan aktivitas membaca, dan membuat rangkuman bacaan.
Copyrights © 2021