JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik dengan Model Pembelajaran Brain Based Learning Kelas III SDN 4 Masbagik Timur Tahun Pelajaran 2021/2022

Rihanah, Yuli (Unknown)
Zohrani, Zohrani (Unknown)
Kudsiah, Musabihatul (Unknown)
Alwi, Mijahamuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran tematik dengan model pembelajaran brain based learning di SDN 4 Masbagik Timur dengan jumlah responden 27 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah Research & Development (R & D) dengan mengacu kepada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket (angket tim ahli dan angket respon siswa). Hasil validasi dari ahli media dapat dikategorikan “Sangat Baik” dengan skor 86 dan rata-rata 4,3 dan untuk ahli materi dikategorikan “Sangat Baik” dengan skor 87 dan rata-rata 4,35. Berdasarkan penilaian observasi guru kelas III menunjukkan aktifitas guru dalam mengajar menggunakan modul pembelajaran tematik berbasis brain based learning dikategori baik. Sedangkan dari hasil respon peserta didik keseluruhan mendapat skor 2392 dengan skor rata-rata 5,9 dikategorikan “Sangat Baik”. Kesimpulannya menunjukkan produk berupa modul pembelajaran tematik berbasis brain based learning sebagai bahan ajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran layak untuk digunakan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...