Dalam pendidikan anak usia dini adalah masa keemasan anak untuk dapat menyadari segala sesuatu baik yang konkrit maupun yang tidak. Seperti Menurut pendapat montessori menyatakan masa ke emasan di anak usia dini adalah masa yang sangat peka dalam hal apapun untuk dapat menerima pendidikan pertamanya di dalam lingkungan sekitarnya, baik disengaja atau tidak di sengaja. Maka dari itu orang tua dan para pengajar harus lebih memperhatikan anak- anaknya atau peserta didik. Dalam penelitian bagian dalam perkembangan ini yang akan dibahas adalah tentang kepribadian anak dalam kedisiplinan dengan tujuan agar menjadi anak yang berkepribadian baik dan kuat dalam menghadapi lingkungan selanjutnya. Dalam penelitian ini yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian siswa siswi usia 6-7 tahun di MI Hidayatul Mukhlisin yang berjumlah 37 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, pengisian angket atau quisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian akan dimasukan ke uji validitas yaitu menggunakan SPSS. Adapun hasil yang dapat disimpulkan dalam penelitian ini ialah pengaruh pembentukan karakter disiplin dalam pembelajaran daring tetap dapat membentuk perilaku disiplin anak usia dini di MI Hidayatul Mukhlisin. Akan tetapi pembelajaran daring masi belum tepat atau kurang efektif dalam pembentukan karakter kedisiplinan pada anak usia dini. Pengaruh pembelajaran daring selama pandemi terhadap kedisiplinan anak usia 6-7 tahun di Mi Hidayatul Mukhlisin ialah agar anak dapat melalui serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai- nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Adapun ciri- ciri anak yang sudah terbentuk kepribadian kedisiplinannya ialah anak yang selalu mentaati peraturan, selalu tepat waktu, selalu hidup terjadwal dengan teratur dan selalu melaksanakan tugas dengan membiasakan hidup disiplin
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021