JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak melalui Metode Bercerita dengan Membacakan Buku Cerita Anak di TK Periskatani Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor

Komariah, Komariah (Unknown)
Apriyansyah, Chandra (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini menggunakan media kartu pada anak Kelas A Taman Kanak-Kanak Periskatani Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas, subyek penelitian inin adalah 27 anak kelas A TK Periskatani yang terdiri dari 17 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi, Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Peningkatan ketrampilan proses sains dikatakan berhasil apabila 80% dari jumlah anak termasuk dalam kriteria baik dan sangat baik. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Data dikumpulkan melalui metode observasi/catatan lapangan , wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan cara triangulasi dengan mencari data dari berbagai sumber data. Hasil Analisa siklus kemampuan motoric pada siklus pertama kemampuan motoric halus mencapai 29,6%. Siklus kedua hasil kemampuan belajar mencapai 81,5%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpukkan bahwa melalui kegiatan finger painting dapat meningkatan kemampuan menggambar pada anak Kelas A TK Periskatani Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...