JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Kelayakan Masker Mentimun untuk Perawatan Kulit Wajah Berjerawat

Ningtias, Puspita (Unknown)
Minerva, Prima (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2021

Abstract

Kecantikan bagi seorang wanita sangatlah penting, sehingga seorang wanita selalu memperhatikan kecantikannya dengan baik. Tetapi karena cuaca yang tidak menentu dan banyaknya aktifitas diluar ataupun didalam ruangan dan faktor-faktor lainnya, menyebabkan banyak masalah pada kulit, salah satunya pada jenis kulit berminyak yaitu jerawat. Untuk mengatasi timbulnya jerawat maka diperlukan sebuah perawatan, salah satunya perawatan tradisional yang menggunakan bahan alami seperti mentimun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan deskripsi kuantitatif.Dalam penelitian ini hanya terdapat variabel bebas (x) variabel bebas dalam penelitian ini yaitu kelayakan masker mentimun untuk perawatan kulit wajah berjerawat.pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi dan observasi.Data dianalisis menggunakan rumus persentase yang berfungsi untuk melihat kelayakan masker dilihat dari segi uji organoleptik dan uji hedonik. Hasil penelitian uji laboratorium adalah Vitamin A yang terdapat dalam masker bubuk mentimun yaitu 1552.40 mg/100gr, vitamin C yang terdapat dalam masker bubuk mentimun 65.12 mg/100gr dan saponin yang terdapat dalam masker bubuk mentimun 157.44 mg/100gr. Berdasarkan uji organoleptik mayoritas panelis menyatakan tekstur masker mentimun cukup halus, aromanya kurang beraroma khas mentimun, dan daya lekatnya lekat. Sedangkan untuk uji hedonik (uji kesukaan panelis) mayoritas panelis menyatakan cukup menyukai masker mentimun.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...