JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 063 Mompang Jae Kecamatan Panyabungan Utara Mandailing Natal

Kholilah Sibuea, Anni (Unknown)
Zuardi, Zuardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah dalam pelaksanaan pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 063 Mompang Jae. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dikelas IV SDN 063 Mompang Jae. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan 20 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I dilaksanakan 2x pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1x pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,dan refleksi. A) Hasil penelitian siklus I pada aspek RPP pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 77,77 % (C), pada siklus II menjadi 94,44 % (A). b) Penilaian aspek guru pada siklus I diperoleh 75,89% (C) meningkat pada siklus II menjadi 96,64 % (A). c) Penilaian aspek peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 68,75 (D), pada siklus II menjadi 96,64 %. d) Hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan memperoleh rata-rata 62,61 predikat (D) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 90,16 predikat (A). dengan demikian disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dikelas IV SDN 063 Mompang Jae.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...