JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Pengaruh Motivasi Kerja Guru dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Rupat

Nurhidayanti, Nurhidayanti (Unknown)
Isjoni, Isjoni (Unknown)
Chairilsyah, David (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2021

Abstract

Kinerja guru sangat berkaitan dengan motivasi kerja dan supervisi akademik. Berdasarkan hasil wawancara peneliti beberapa guru SD Negeri di kecamatan Rupat bahwa motivasi kerja yang ditunjukan oleh guru-guru masih belum optimal, terbukti beberapa guru yang datang terlambat, pada jam pelajaran 1,2 dan jam pelajaran 6,7, 8 sering tidak ada guru mengajar. Supervisi yang dilakukan kepala sekolah sebagai pimpinan, selama ini kurang mendapat perhatian serius dari kepala sekolah, dampak dari rendahnya frekuensi supervisi yang dilakukan kepala sekolah dan tidak berkesinambungan adalah adanya guru yang melaksanakan proses pembelajaran secara kurang profesional, hal ini akan berdampak pada rendahnya kualitas pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah semua guru yang sudah PNS di SDN 1,2,3,4,5 Kecamatan Rupat yang berjumlah sebanyak 66 orang. Metode sampel dengan sampel jenuh. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan antara Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Semakin tinggi Motivasi Kerja yang diberikan maka semakin tinggi pula Kinerja yang dimiliki Guru. 2) Terdapat pengaruh yang Positif dan siginifikan antara variabel Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru di SDN Kecamatan Rupat. Semakin sering Supervisi Akademik dilakukan Kepala Sekolah maka semakin tinggi tingkat Kinerja yang dimiliki Guru. 3) Terdapat pengaruh yang siginifikan secara bersama-sama antara variabel Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru di SDN Kecamatan Rupat. Semakin tinggi Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik yang dilakukan Kepala Sekolah maka semakin tinggi pula tingkat Kinerja yang dimiliki Guru dengan asumsi Motivasi Kerja tetap.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...