Saat ini, Pembelajaran di SD/MI dituntut untuk mendorong keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik atau HOTS (High Order Thinking Skill) yang mengacu pada proses menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Dalam meningkatkan berpikir tingkat tinggi peserta didik tersebut, peran guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran ditunjang dengan sumber buku teks pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis materi IPS kelas IV tema berbagai pekerjaan dengan HOTS. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan data primer berupa salah satu buku tematik guru dan buku tematik siswa kelas IV tema 4 berbagai pekerjaan untuk kemudian dirumuskan indikator sesuai taksonomi bloom revisi tahap tingkatan berfikir C4, C5 dan C6. Selain itu, data sekunder bersumber dari buku dan jurnal-jurnal yang relevan. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi dengan teknik analisis data berupa tulisan yang menjadi dasar analisis mengacu pada intrumen buku tematik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 29 indikator yang memuat HOTS yaitu 8 indikator pada subtema 1,6 indikator pada subtema 2, 5 indikator pada subtema 3 sehingga materi IPS pada buku tema kelas IV revisi 2017 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan HOTS.
Copyrights © 2021