JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 08 Sungai Rumbai Dharmasraya

Anggriani, Ruci (Unknown)
Fitri, Alchonity Harika (Unknown)
Ratnawati, Ratnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kesulitan memahami pembelajaran IPS khususnya pada materi Interaksi Sosial. Proses pembelajaran yang menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, kemampuan memahami pembelajaran IPS peserta didik rendah. Untuk itu, peneliti melakukan suatu penelitian menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan ini untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 08 Sungai Rumbai Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Desain penelitian ini Non Equivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SD Negeri 08 Sungai Rumbai Dharmasraya. Waktu dilaksanakannya penelitian ini pada semester II Tahun Ajaran 2020/2021. Sampel pada penelitian ini berjumlah 31 peserta didik. Berdasarkan hasil uji paired samples t test diperoleh signifikansi 0,000<0,05. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 08 Sungai Rumbai Dharmasraya. Berdasarkan penelitian, bahwa model Contextual Teaching and Learning (CTL) memberikan pengaruh yang meningkat terhadap kemampuan memahami peserta didik pada pembelajaran IPS. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) ini dapat digunakan guru untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan dunia nyata peserta didik, menjadikan peserta didik berperilaku sopan dan santun, berkomunikasi dengan baik, dan menjadi sebuah kebiasaan ketika berinteraksi dengan individu maupun berkelompok.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...