JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Pemanfaatan Media Pembelajaran Loose Parts untuk Menstimulus Kreativitas Anak Kelompok B di Kober Peupado Malanuza

Fono, Yasinta Maria (Unknown)
Ita, Efrida (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media loose part untuk menstimulasi kreativitas anak di Kober Peupado kelompok B. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dimana peneliti akan secara spesifik alamiah menggambarkan data berupa fakta-fakta yang secara nyata berasal dari pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan di kelompok B Kober Peupado Malanuza terdiri dari anak perempuan dan 15 anak laki-lakidengan jumlah 24 anak, sitematika pembelajaran yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan. Sumber data penelitian yang digunakan berasal dari kegiatan anak saat bermain loose parts dan hasil karya anak secara langsung didokumentasikan sebagai informan utama kemudian dideskripsikan berdasarkan cerita anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan kemudian diproses dengan cara sitematis agar keabsahan data terlihat dengan triangulasi menghasilkan kesimpulan dengan teknik analisis data menggunakan Miles & Huberman. Hasil penelitian ditemukan bahwa anak-anak melakukan aktivitas bermain dengan imajinasi bagaimana menggunakan loose parts dalam membentuk angka dan menulis nama sendiri.Anak terlihat mampu dalam memanfaatkan alat bahan yang disiapkan oleh guru serta desain perencanaan pembelajaran yang tidak seperti biasanya yang di dominasi atau masih terpaku dengan buku. Anak sangat antusias mengikuti kegiatan pembelajaran saat itu, kemudian memasuki kegiatan awal dengan menyusun nama dari batu yang sudah terkumpul serta menghitungnya. Anak membuat kreasi bebas dari bahan-bahan alam yang sudah terkumpulkan tadi dengan bahan seadanyan yang disiapkan oleh guru. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media loose parts dapat menstimulasi kreativitas anak dalam belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...