Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis kinerja mengajar guru produktif SMK Program Studi Keahlian Teknik Mesin di Jawa Barat serta pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, pelatihan guru, dan motivasi kerja guru baik langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja mengajar guru produktif. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner yang dijawab oleh 235 responden. Analisis data menggunakan analisis deskrptif, dan Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap keempat faktor lainnya. Secara parsial, variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, dan Komitmen Guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Mengajar Guru, sementara pengaruh Pelatihan Guru Produktif terhadap Kinerja Mengajar, positif namun tidak signifkan. Secara simultan, keseluruhan faktor yang dianalisis memberikan pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap Kinerja Mengajar Guru.
Copyrights © 2022