JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): 2022

Studi Kinerja Mengajar Guru Produktif SMK

Ginting, Edison (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis kinerja mengajar guru produktif SMK Program Studi Keahlian Teknik Mesin di Jawa Barat serta pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, pelatihan guru, dan motivasi kerja guru baik langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja mengajar guru produktif. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner yang dijawab oleh 235 responden. Analisis data menggunakan analisis deskrptif, dan Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap keempat faktor lainnya. Secara parsial, variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, dan Komitmen Guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Mengajar Guru, sementara pengaruh Pelatihan Guru Produktif terhadap Kinerja Mengajar, positif namun tidak signifkan. Secara simultan, keseluruhan faktor yang dianalisis memberikan pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap Kinerja Mengajar Guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...