JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): 2022

Pengaruh Dongeng terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Anggraeni, Dwiyani (Unknown)
Rafiyanti, Syawalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2022

Abstract

Setiap anak dilahirkan dengan memiliki potensi masing-masing.Potensi dapat berupa faktor turunan dan faktor pembiasaan. Penelitian ini akan membahas mengenai cara pengembangan karakter dengan menanamkan karakter positif sejak usia dini melalui mendongeng. Dongeng adalah suatu cerita uang berupa tulisan atau lisan yang disampaikan secara turun temurun selama berabad-abad dari generasi ke generasi selanjutnya sebagai alat komunikasi. Pendidikan karakter adalah suatu sistem keadaan yang dengan sengaja diciptakan di sekolah, dengan beberapa komponen penanaman moral, etika dan akhlak yang berisi pengetahuan, kesadaran dan tindakan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, orang lain, lingkungan dan bangsa. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah para guru KB Kurnia. Hasil yang diperoleh dari hasil kuesioner Pengaruh Dongeng terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini memperoleh hasil yang sangat positif, guru PAUD masa masa sekarang masih memiliki pandangan bahwa metode mendongeng merupakan metode pembelajaran yang baik untuk mengembangkan kemampuan berbahasa dan menanamkan nilai-nilai positif yang baik kepada para siswa, para guru PAUD juga sudah menggunakan metode mendongeng dengan alat dan tanpa alat. Hanya masih terdapat beberapa pendapat dari para guru PAUD bahwa guru belum yakin dongeng dapat mengubah sikap negatif pada siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...