JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): 2022

Nilai Budaya Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah dalam Mewujudkan Integrasi Akuntabilitas dan Transparansi sebagai Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Masjid

Algi Setiawan, Roby (Unknown)
Ramashar , Wira (Unknown)
Puji Puspita Sari, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2022

Abstract

Nilai Budaya Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah dalam Mewujudkan Integrasi Akuntabilitas dan Transparansi sebagai Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Masjid. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pengelolaan keuangan di kecamatan Tanjung Raya kabupaten Agam provinsi Sumatera Barat, akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan berdasarkan nilai budaya adat basandi syarak-syarak basandi kitabullah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilakukan di empat masjid yaitu masjid raya Bayua, Masjid raya Maninjau, Masjid Taqwa Muhammdiyah dan Masjid Mifatahul Hudda Kularian. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan reduksi data, triangulasi sumber data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa : (1) akuntabilitas keuangan dan akuntabilitas kinerja pada masjid sudah konsisten, (2) Pengurus masjid transparan menyampai keuangan kepada jama'ah masjid, (3) Pengurus masjid secara amanah, jujur, dan bertanggungjawab mengelola keuangan masjid sebagai pertanggungjawaban kepada Allah S.W.T dan manusia, dan (4) Pengurus masjid bertanggungjawab menjaga nilai budaya adat basandi syarak-syarak basandi kitabullah sebagai upaya menjaga nilai budaya dan mewariskannya pada generasi berikutnya. Penelitian berikutnya disarankan meneliti good goverance masjid berdasarkna nilai adat minang untuk menilai lebih dalam lagi pengelolaan masjid di provinsi sumatera barat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...