Latar belakang munculnya penelitian adalah permasalahan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk mengenali sejauh mana penerapan Metode Project Based Learning (PJBL) dengan menggunakan pendekatan Technological .Pedagogic Content Knowledge (TPACK) dalam meningkatkan hasil.belajar siswa kelas XI TKJ pada mata diklat Administrasi Infrastruktur. Jaringan. Penelitian dilakukan berbetuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terhadap siswa kelas XI TKJ di SMKN 6 Padang berjumlah 34 orang siswa dicoba dalam dua siklus tindakan. Informasi dikumpulkan saat tatap muka dikelas. Untuk mengenali hasil belajar siswa sepanjang pembelajaran hingga dilakukan evaluasi. Skor rata-rata terendah wajib dicapai siswa ?78. Kemahiran siswa dalam menguasai konsep mengevaluasi VLAN pada jaringan serta mengkonfigurasi VLAN selama Pra siklus rata-rata nilai 12,36 tuntas dan 87,64 tidak tuntas, pada siklus I menunjukkan terdapatnya rata-rata kenaikan nilai 58,56 tuntas serta 41,44 tidak tuntas. Meskipun telah terdapat kenaikan dari pra siklus ke siklus I, namun tetap belum tercapai sesuai sasaran yang diharapkan, sehingga dibutuhkan adanya refleksi untuk menuju ke 12,50 yang tidak tuntas. Dengan informasi tersebut, maka pada siklus ini nampak adanya kenaikan terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat Administrasi Infrastruktur Jaringan di kelas XI TKJ dengan materi mengevaluasi VLAN pada jaringan serta mengkonfigurasi VLAN telah sangat baik dan akan berhenti pada siklus ini.
Copyrights © 2022