Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar daring peserta didik kelas X APHP 2 SMKN 1 Cangkringan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan aplikasi Screencast-O-Matic dan Quizizz. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APHP 2 SMKN 1 Cangkringan yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan instrumen tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan peserta didik serta tes hasil belajar. Indikator keberhasilan adalah terjadinya peningkatan keaktifan peserta didik, kualitas pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata untuk kemampuan guru sebesar 83,50; keaktifan peserta didik sebesar 71,38; dan hasil belajar sebesar 76,44. Kemudian setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, terjadi peningkatan dilihat dari nilai rata-rata kemampuan guru sebesar 89,00; keaktifan peserta didik sebesar 82,19; dan hasil belajar sebesar 84,06.
Copyrights © 2022