JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): 2022

Problem Based Learning dengan Aplikasi Screencast-O-Matic dan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Nurhayati, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar daring peserta didik kelas X APHP 2 SMKN 1 Cangkringan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan aplikasi Screencast-O-Matic dan Quizizz. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APHP 2 SMKN 1 Cangkringan yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan instrumen tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan peserta didik serta tes hasil belajar. Indikator keberhasilan adalah terjadinya peningkatan keaktifan peserta didik, kualitas pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata untuk kemampuan guru sebesar 83,50; keaktifan peserta didik sebesar 71,38; dan hasil belajar sebesar 76,44. Kemudian setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, terjadi peningkatan dilihat dari nilai rata-rata kemampuan guru sebesar 89,00; keaktifan peserta didik sebesar 82,19; dan hasil belajar sebesar 84,06.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...