Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal yang berpengaruh terhadap strategi pemasaran serta menganalisis strategi alternatif pemasaran yang efektif untuk diterpakan oleh UMKM Ya-Sam. Penelitian ini dilakukan di UMKM Ya-Sam Desa Bocek Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian untuk menjawab tujuan pertama yaitu analisis SAP, analisis ETOP dan analisis SWOT. Hasil penelitian disimpulkan bahwa posisi UMKM ya-Sam berdasarkan analisis SAP berada pada posisi dominan yang artinya UMKM Ya-Sam memliki kekuatan yang unggul dan tidak dimiliki oleh pesain sehingga memiliki banyak waktu untuk terus membenahi UMKM. Hasil analisis ETOP mengindikasikan bahwa posisi usaha yang dimiliki oleh UMKM Ya-Sam adalah usaha spekulasi yang artinya UMKM Ya-Sam memiliki peluang yang besar sekaligus ancaman yang sama besar pula. Hasil analisis SWOT menunjukkan posisi UMKM Ya-Sam berada pada posisi investasi sekaligus memiliki strategi pemasaran dengan posisi strategi trundarround. Posisi ini juga memberikan isyarat bahwa usaha kopi bubuk UMKM Ya-Sam harus terus berinovatif, dan kreatif serta merencanakan strategi yang tepat, dan permasalahan-permasalahan internal harus secepatya dibenahi.
Copyrights © 2022