Kemajuan teknologi membawa banyak kebiasaan baru untuk masyarakat kita, mulai dari telepon genggam dan kemajuan teknologi internet. Kedua hal ini memunculkan satu kebiasaan baru yang hampir semua orang di Indonesia khususnya yang tinggal di kota besar pernah melakukannya, yakni aktivitas belanja online. Kebanyakan orang memilih berbelanja online dikarenakan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Tetapi dibalik kemudahan tersebut terdapat beberapa kekurangan, diantaranya barang tidak sesuai pesanan, orderan fiktif yang terkadang merugikan driver ojol, bahkan lebih parahnya lagi terdapat kasus tentang driver atau kurir yang tidak mengirimkan pesanan dalam kata lain membawa kabur barang pembeli. Penelitian ini membahas tentang analisis teks media tentang pencurian barang orderan online oleh driver atau kurir di media online. Peneliti menggunakan metode penelitian analisis framing yang dikembangkan dengan menggunakan model analisis Pan dan Kosicki dengan tujuan untuk melihat bagaimana bingkai pemberitaan cnnindonesia.com dan tvonenews.com. hasil analisis menjelaskan bahwa didalam media online CNN Indonesia.com pemberitaannya focus kepada kasus pencurian macbook 67juta. Sedangkan TVonenews.com pemberitaannya lebih focus kepada modus penipuan dan jumlah korban.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022