Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas V.B SDN 340 Batu Sondat yang berjumlah 22 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik.Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi.Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika siswa kelas V.B SDN 340 Batu Sondat Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal dapat meningkat setelah diberi tindakan melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Pembelajaran Matematika Realistik yang digunakan adalah menggunakan masalah nyata dalam kehidupan, menggunakan alat peraga, mendiskusikan hasil, menemukan konsep, kemudian guru memperkenalkan prosedur baku/rumus dan mengaitkan konsep lain dalam matematika yang berhubungan. Siswa tidak langsung mendapatkan rumus tetapi terlebih dahulu siswa telibat langsung melakukan pengamatan menggunakan alat peraga dan diskusi kelompok sehingga menemukan konsep. Hasil belajar kognitif pada siklus I adalah 12 siswa (54,54%) dengan nilai rata-rata 61,81 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 19 siswa (83,36%) dengan nilai rata-rata 80. Hasil rata-rata sikap siklus I mencapai 57,83% sedangkan siklus II diperoleh hasil rata-rata sikap sebesar 78,41%. Dengan demikian, Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V,B SDN 340 Batu Sondat Kabupaten Mandailing Natal
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022