JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): 2022

Berpindah Merek Produk Saat Covid19: Pengaruh Pengetahuan Produk dan Pemasaran Media Sosial

Asnawi, Aisah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2022

Abstract

Beredarnya berbagai merek dan diversifikasi produk yang muncul saat pandemi membuat perilaku konsumen untuk berpindah merek menarik untuk diteliti. Jenis penelitian ini kuantittatif dengan menggunakan teknik PLS dengan responden 120 orang pengguna Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dan disebarkan melalui online. Hasil penelitian menunjukkan, pemasaran media sosial memiliki pengaruh negatif terhadap perpindahan merek, hal ini dimungkinkan oleh tingginya tingkat selektif dalam pemilihan merek produk. Konsumen semakin kritis dan memikirkan keabsahan informasi terutama terkait kesehatan pada produk FMCG dan produk rumah tangga lainnya. Sedangkan pengetahuan produk justru sebaliknya. Pengetahuan produk berpengaruh positif terhadap perpindahan merek. Hal ini disebabkan karena pencarian informasi konsumen ternyata cukup tinggi sehingga pengetahuan produk yang diperolah juga menjadi dasar pertimbangan perpindahan merek. Masyarakat semakin teredukasi dan percaya pada merek-merek yang telah memiliki reputasi baik. Merek yang sudah dikenal, mudah untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat atau responden.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...