JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): 2022

Perbedaan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash dengan Powerpoint terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Reaksi Redoks

Nainggolan, Bajoka (Unknown)
Saputra Tarigan, Muhammad Juniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan dengan media pembelajaran PowerPoint yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi reaksi redoks. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Sunggal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas, dimana kelas eksperimen I diajar menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas eksperimen II diajar menggunakan media pembelajaran Powerpoint dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk pembelajaran kimia materi reaksi redoks. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis adalah uji Independent Sample t-Test. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pengujian hipotesis data hasil belajar siswa dengan uji t tangan kanan pada taraf = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (2,14 > 2,04). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia flash dibandingkan dengan media pembelajaran Powerpoint.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...