Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh umpan balik tidak langsung dari guru terhadap kemampuan menulis siswa (Studi Eksperimental di Kelas Sepuluh SMAN 1 Lakudo. Berdasarkan rumusan masalah, “Apakah ada perbedaan besar pada kinerja menulis siswa antara siswa yang diberikan metode umpan balik tidak langsung dan siswa yang diberikan metode umpan balik tidak langsung di kelas sepuluh Lakudo?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan kinerja menulis siswa antara siswa yang diberikan umpan balik tidak langsung metode dan siswa yang diberikan metode umpan balik tidak langsung di Kelas Sepuluh SMA Negeri 1 Lakudo.Jenis penelitian ini adalah Quasi-Experimen dan menggunakan unequivalent control group design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SMAN 1 Lakudo yang terdiri dari enam kelas yang terdiri dari 104 siswa.Sampel penelitian ini adalah sekitar dua kelas yang berisi tujuh belas siswa dari setiap kelas yang diambil oleh teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif dan angket. Prosedur pengumpulan data menggunakan pre test, post test, dan analisis dengan menggunakan Program SPSS 19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa “Umpan Balik Tidak Langsung Guru memiliki pengaruh perbedaan yang signifikan terhadap kinerja menulis siswa antar siswa”. Pada penelitian ini, kelompok eksperimen (yang mendapat perlakuan Indirect Feedback) mampu memahami materi lebih baik daripada kelompok kontrol. Hasil dan skor rata-rata menunjukkan analisis ini dengan menggunakan analisis ANACOVA.
Copyrights © 2022