JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Lembah Melintang

Kartika, Mila (Unknown)
Alfurqan, Alfurqan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh fenomena yang terjadi dilapangan, yaitu masih banyak terdapat peserta didik yang mengalami problematika dalam membaca Al-Qur’an. Sedangkan kemempuan membaca Al-Qur’an sangatlah esensial bagi seorang muslim untuk beribadah sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui problematika peserta didik dalam makharijul huruf. (2) Untuk mengetahui problematika peserta didik dalam Ilmu Tajwid di (3) Untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitam membaca Al-Qur’an pada peserta didik. Sedangkan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Informan penelitian berasal dari pihak sekolah atau guru dan sisiwa. Siswa sebagai informan ditentukan dengan teknik Purposive Sampling. Oleh karena itu, berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, terdapat 13 orang yang akan dijadikan sebagai informan penelitian. Hasil penelitian menemukan beberapa bentuk kesulitan yang dialami oleh peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an, di antaranya yang paling banyak dialami oleh peserta didik yaitu kesulitan dalam mengenai makhrijul huruf dan kesulitan dalam memahami Ilmu Tajwid. Upaya yang dapat dilakukan yaitu bekerja sama anatara sekolah, guru pendidikan Agama Islam dan orangtua. Serta dengan sekolah untuk membuat program yang membantu peserta didik mengentaskan problematika yang dialami.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...