JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Evaluasi Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di MA Laboratorium UINSU Medan

Siahaan, Amiruddin (Unknown)
Lubis, Audy Andini (Unknown)
Sitorus, Citra Malinda (Unknown)
Fatimah, Tri (Unknown)
Zebua, Vivin Fitriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2022

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut kemampuan guru untuk dapat mengelola proses pembelajaran secara efektif dan efisien. Artikel ini dilatarbelakangi oleh kegiatan evaluasi mahasiswa PPL UINSU terhadap kemampuan guru dalam menyusun kurikulum 2013 yang dipakai di MAL UINSU Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui sikap guru dalam pembuatan RPP kurikulum 2013; (2) mengevaluasi RPP kurikulum 2013 yang dibuat guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara tidak langsung dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu RPP yang dibuat oleh guru-guru MAL UINSU Medan. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: persiapan dan proses yang dilakukan guru dalam membuat perangkat pembelajaran sudah sangat baik. Berdasarkan hasil analisis, RPP yang dihasilkan oleh para guru berada pada kategori baik, LKS berada pada kategori sangat kurang, dan buku teks berada pada kategori sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...