JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Analisis Manajemen Kepala Sekolah dalam Pembinaan Prestasi Siswa Masuk Perguruan Tinggi Favorit di SMA Negeri 1 Tukka Tapanuli Tengah

Amini, Amini (Unknown)
Aritonang, Muhibbah (Unknown)
Bahri, Syaiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa SMA Negeri 1 Tukka Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara. Upaya kepala sekolah dalam menyelesaikan berbagai kendala pembinaan menajemen dalam meningkatkan prestasi siswa masuk perguruan tinggi favorit dan faktor-faktor apa saja yang menjadi penentu dalam meningkatkan prestasi siswa masuk perguruan tinggi favorit ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis Miles dan Huberman yang dilakukan tiga tahapan, yaitu : reduksi data, (data reduction), penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan (conclution drawing/verification). Adapun pengecekan keabsahan datanya menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menemukan: (1) manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa adalah menyusun konsep yang jelas dan terperinci serta mudah dilaksanakan. Tahapannya adalah menyusun perencanaan, melakukan seleksi, melakukan pembinaan, dan mengikuti event lomba dan evaluasi; (2) upaya kepala sekolah dalam menyelesaikan berbagai kendala dalam meningkatkan prestasi akademik siswa adalah memperkuat kesolidan team, membuat program yang berbeda, melakukan pendekatan kepada orang tua, menjalin komunikasi yang efektif, melengkapi sarana dan prasarana,memahamkan dan menanamkan nilai perjuangan, mengadakan rapat; (3) faktor- faktor yang yang menjadipenentu dalam meningkatkan prestasi akademik siswa adalah faktor internal meliputi soliditas team, semangat untuk berprestasi, kinerja yang tinggi, ikhlas dan faktor eksternal meliputi soliditas wali murid, dukungan yayasan, networking, sarana prasarana.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...