AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman
Vol. 5 No. 2 (2022)

PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA STUDI PEMIKIRAN HARUN NASUTION

Ahmadi (Unknown)
Syafaah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Munculnya pembaharuan berawal dari keraguan dan ketidakpuasan akan kondisi-kondisi yang sebenarnya sudah dianggap mapan. Tetapi karena ada ketidak sesuaian dan kesenjangan dengan kondisi terkini, maka ide pembaharuanpun muncul. Pembaharuan terjadi dalam berbagai lini kehidupan, begitupula di Indonesia; salah satunya juga terjadi di dunia pendidikan Islam, pembaharuan dalam pendidikan Islam di Indonesia dimulai karena ketidakpuasan terhadap sistem pendidikan yang diberlakukan pemeritah Belanda; akibatnya, lahirlah sistem Pendidikan baru yang lebih memihak pada pendidikan Islam. Pada perkembangannya, pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia lebih mengarah pada pembahruan pola pikir terhadap ilmu pengetahuan dan pengembangan lembaga pendidikan. Salah satu tokoh pembaharu pendidikan Islam di Indonesia adalah Harun Nasution yang dikenal sebagai tokoh yang pro terhadap ide-ide Muhammad Abduh dan aliran Mu’tazilah yang dikenal dengan rasionalitasnya dalam memahami wahyu. Ide pembaharuan Pendidikan yang diperkenalkan Harun Nasution di Indonesia pada awalnya mengalami berbagai penolakan dan tantangan. Akan tetapi, pada akhirnya di tangannya, muncul pendidikan Islam yang tumbuh menjadi pusat jaringan intelektual khususnya di kalangan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-fikrah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Fikrah : Merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hamidiyah Bangkalan yang memuat tentang Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman sebagai sarana publikasi hasil penelitian dan berbagai kajian ilmu keislaman baik pendidikan, pemikiran, syariah, dan kajian Islam ...