ingkungan yang nyaman bagi orang tua, guru, dan siswa. Kebebasan belajar memerlukan lingkungan belajar yang menyenangkan, yang hanya dapat dicapai melalui pendidikan. Penerapan kurikulum mandiri yang berupaya meningkatkan taraf pendidikan merupakan salah satu kebijakannya. Agar proses pembelajaran berhasil dan bermakna bagi peserta didik, diharapkan pendidikan bersifat pro-student atau berpusat pada peserta didik, menjunjung tinggi individualitas dan keberagaman potensi, minat, dan bakat setiap peserta didik. Kurikulum merdeka sebuah kebijakan program pembelajaran untuk memulihkan sistem pendidikan nasional yang memberikan kebebasan kepada sekolah, guru, siswa, dan seluruh sumber daya sekolah untuk berkreasi dan bebas belajar secara mandiri dan kreatif. Saat mengajarkan pengajaran yang bervariasi, pendidik mempertimbangkan minat, preferensi belajar, dan persiapan siswanya. Kurikulum merdeka ini juga tak terlepas memiliki kekurangan dan kelebihan dalam kurikulumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran bahasa inggris di SMP. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini ialah dengan studi kepustakaan dengan mengumpulkan sumber melalui buku, nurnal, artikel dan sumber lainnya. Hasil dari penelitian ini ialah mengenai kurikulum merdeka sebagai kebijakan kurikulum baru di Indonesia. Kelebihan dan kelemahan pada kurikulum merdeka. Penerapan kurikulum merdeka pada SMP. Dan implementasi kurikulum merdeka terhadap mata pelajaran bahasa inggris di SMP.
Copyrights © 2023