JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas III

Elvira, Sherin Okti (Unknown)
Sukma, Elfia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Keadaan lapangan, khususnya hasil belajar siswa yang kurang baik, menjadi landasan diadakannya penelitian ini. Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Dua siklus penelitian dilakukan dengan menggunakan model kooperatif Talking Stick. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam perencanaan pembelajaran, dengan siklus I mencapai rata-rata 85,5% dan siklus II mencapai 91%. Pada siklus I rata-rata kegiatan guru terlaksana 88,5% angka ini meningkat menjadi 94% pada siklus II. Rata-rata tingkat keterlaksanaan aktivitas siswa berkisar antara 88,5% pada siklus I hingga 94% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 76,28%, dan hasil belajar siklus II adalah 90,13%. Simpulannya, siswa Kelas III SDN 18 Air Tawar Selatan Kota Padang dapat memperoleh hasil yang lebih baik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan memanfaatkan model kooperatif tipe Talking Stick.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...