Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tindak tutur ekspresif dan strategi bertutur guru dalam pembelajaran teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 3 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tindak tutur ekspresif guru bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 3 Solok Selatan. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi partisipasi pasif. Berdasarkan temuan hasil penelitian yang diperoleh beserta pembahasan, simpulan penelitian mengenai bentuk tindak tutur ekspresif dan strategi bertutur guru dalam pembelajaran teks prosedur seiswa kelas VII SMP Negeri 3 Solok Selatan dijabarkan sebagai berikut. Pertama, bentuk-bentuk tindak tutur ekspresif guru dalam pembelajaran teks prosedur seiswa kelas VII SMP Negeri 3 Solok Selatan terdapat lima bentuk. Kedua, strategi bertutur yang digunakan guru dalam pembelajaran teks prosedur seiswa kelas VII SMP Negeri 3 Solok Selatan terdapat empat macam.
Copyrights © 2023