JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Tindak Tutur Ekspresif dan Strategi Bertutur Guru Dalam Pembelajaran Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Solok Selatan

Nalisa, Gita (Unknown)
Abdurahman, Abdurahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tindak tutur ekspresif dan strategi bertutur guru dalam pembelajaran teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 3 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tindak tutur ekspresif guru bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 3 Solok Selatan. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi partisipasi pasif. Berdasarkan temuan hasil penelitian yang diperoleh beserta pembahasan, simpulan penelitian mengenai bentuk tindak tutur ekspresif dan strategi bertutur guru dalam pembelajaran teks prosedur seiswa kelas VII SMP Negeri 3 Solok Selatan dijabarkan sebagai berikut. Pertama, bentuk-bentuk tindak tutur ekspresif guru dalam pembelajaran teks prosedur seiswa kelas VII SMP Negeri 3 Solok Selatan terdapat lima bentuk. Kedua, strategi bertutur yang digunakan guru dalam pembelajaran teks prosedur seiswa kelas VII SMP Negeri 3 Solok Selatan terdapat empat macam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...