JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Penerapan Model Pembelajaran Integratif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Murid Kelas V SD Negeri 007 Pusaran Tahun Pelajaran 2019/2020

Sulasmi, Sulasmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pada kelas III SDN 007 Pusaran, Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir melalui penerapan Model Pembelajaran Integratif. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik tes hasil belajar dan observasi, serta analisis deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 28 murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, 64,29% murid tuntas, meningkat menjadi 85,72% pada siklus II, dengan nilai rata-rata tes meningkat dari 65,88 pada siklus I menjadi 75,66 pada siklus II. Observasi juga menunjukkan peningkatan aktivitas dan kreativitas murid. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Model Pembelajaran Integratif efektif meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan murid dalam pembelajaran IPS.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...