Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan metode Pembelajaran Kontekstual (CTL). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Subjek penelitian melibatkan seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 022 Pusaran, Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir, pada Tahun Pelajaran 2019/2020, dengan total 20 siswa (13 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk data observasi dan deskriptif kuantitatif untuk data tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siklus I dan II. Rata-rata nilai sebelum tindakan adalah 5,98 pada siklus I, meningkat menjadi 6,13 pada siklus II, dan mencapai 6,95 setelah siklus II.
Copyrights © 2023