JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Penggunaan Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Murid Kelas IV SD Negeri 022 Pusaran Tahun Pelajaran 2019/ 2020

Unan, Unan (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan metode Pembelajaran Kontekstual (CTL). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Subjek penelitian melibatkan seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 022 Pusaran, Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir, pada Tahun Pelajaran 2019/2020, dengan total 20 siswa (13 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk data observasi dan deskriptif kuantitatif untuk data tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siklus I dan II. Rata-rata nilai sebelum tindakan adalah 5,98 pada siklus I, meningkat menjadi 6,13 pada siklus II, dan mencapai 6,95 setelah siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...