JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Tindak Tutur dalam Dialog Film Kuali Hangus Sutradara Adri Addayuni

Windarti, Feliati (Unknown)
Triani, Susan Neni (Unknown)
Zulfahita, Zulfahita (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tindak tutur dalam dialog film Kuali Hangus sutradara Adri Addayuni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan bentuk penelitian kualitatif. Sumber data dan data dalam penelitian ini adalah adalah film Kuali Hangus sutradara Adri Addayuni. Teknik pengumpul data menggunakan teknik studi dokumenter. Teknis analisis data yang digunakan yaitu identifikasi data, klasifikasi, analisis dan kesimpulan. Hasil analisis dapat disimpulkan: 1) Tindak tutur lokusi dalam dialog film Kuali Hangus sutradara Adry Addayuni terdapat 32 data yang terbagi menjadi tindak tutur lokusi pernyataan sebanyak 11 data, perintah 12 data, pertanyaan 9 data. 2) Tindak tutur Ilokusi dalam dialog film Kuali Hangus sutradara Adry Addayuni terdapat 38 data yang terbagi menjadi tindak tutur ilokusi representatif 10 data, ilokusi komisif 8 data, ilokusi direktif 13 data, ilokusi ekspresif 6 data, ilokusi deklaratif 1 data. 3) Tindak tutur perlokusi dalam dialog film Kuali Hangus sutradara Adry Addayuni terdapat 12 data. 4) implementasi penelitian pada rencana pelaksanaan pembelajaran di sekolah pada Kompetensi Dasar (KD) 3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton dan pada Kompetensi Dasar (KD) 4.19 Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. Tujuan dalam pembelajaran diharapkan siswa mampu mengenal, mengidentifikasi, menganalisis serta mendemonstrasikan naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan naskah drama yang dibaca atau ditonton.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...